ekspedisi1-cover

ANGGOTA MUDA BROPELA LAKUKAN EKSPEDISI WAJIB GUNUNG


atvi.ac.id Unit Kegiatan Mahasiswa Broadcast Pencinta Alam ATVI (UKM Bropela) telah melaksanakan kegiatan Ekspedisi “Wajib Gunung” pekan lalu, (07-14/11/2016).

Wajib Gunung  merupakan salah satu Program Kerja UKM Bropela yaitu mendaki gunung dengan ketinggian minimal 3000 Mdpl, kali ini dilakukan di gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa yaitu Gunung Selamet (3428 Mdpl), melalui jalur Kalipagu, Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah

Ekspedisi diikuti oleh 12 orang anggota senior dan anggota muda Bropela angkatan 2016. Aanggota muda yang mengikuti kegiatan ini ialah mereka yang telah dinyatakan lulus dari Pendidikan Dasar (Diksar) dan Pendidikan Latihan (Diklat) dan tercatat sebagai  anggota aktif Bropela.

Bukan hanya mendaki, ekspedisi ini bertujuan agar para peserta dapat paham mengenai persoalan navigasi darat, cara untuk bertahan hidup di alam bebas dan  utamanya belajar teknik berkarya audio visual di alam bebas dalam hal ini gunung.

ekspedisi2

Selain itu peserta juga berbagi  ilmu pengetahuan dasar-dasar Jurnalistik dan Produksi TV yang telah didapatkan di dunia kampus kepada warga masyarakat Desa Kalipagu menggali keunikan budaya,  mata pencaharian dan keseharian penduduk dari desa tersebut, hal ini dimaksudkan agar warga setempat mampu membuat berita sendiri terkait potensi wilayahnya dengan memanfaatkan peralatan seadanya, hal ini disampaikan oleh Ketua pelaksana Ekspedisi Wajib Gunung, Hendra Pamungkas.

Menurut Hendra ekspedisi juga menjadi sebuah pelajaran melatih mental dan semangat kerja tim anggotanya. “ Ekspedisi ini menjadi sebuah pelajaran untuk kedepannya agar kita jadi lebih baik, yang tadinya egois, individual, menjadi lebih memiliki kebersamaan dalam bekerja apalagi kita anak broadcast ” tukasnya.     

Bendera Bropela berhasil dikibarkan di puncak Slamet pada hari keempat, senyum bangga dan penuh syukur mengembang dari bibir para calon broadcaster  sekaligus penakluk gunung ini.  (red)

 

Oleh: Mohammad Rian Alvian/ Dwi Atikah Shalihah