Asiknya Praktik Live Report dengan Mobil OB Van Cover

Asiknya Praktik Live Report dengan Mobil OB Van


Mahasiswa konsenterasi jurnalistik semester lima telah melakukan praktik simulasi pelaporan langsung pada kamis (26/08/17) dan kamis (09/11/17), di kawasan Tanjung Duren Raya dan Terminal Kalideres  Jakarta Barat.  Kegiatan yang digagas oleh Dosen Live Report Des Hanafi ini bertujuan untuk memberi pengalaman Mahasiswa bagaimana terjun langsung ke lapangan. Seluruh Mahasiwa juga diajak untuk menggunakan OB Van ( Outside Broadcasting Van) dan reportasi langsung.

OB Van adalah sebuah studio berjalan (mobile studio) yang baru saja dimiliki oleh ATVI. OB Van  dilengkapi dengan peralatan untuk produksi sebuah siaran layaknya studio in-house sebuah stasiun TV atau Radio untuk menghubungkan ke Master Control Room sebuah stasiun.

Asiknya Praktik Live Report dengan Mobil OB Van 1
Asiknya Praktik Live Report dengan Mobil OB Van 2

Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok terdiri dari 9 orang dan bertugas sesuai  jobdesk. Praktik dengan OB Van ini dilaksanakan perdana. Mahasiswa bekerja sama mencari , mengolah dan meyampaikan berita di lokasi.  Mereka yang ditugaskan sebagai reporter juga berlatih menyampaikan berita langsung dan mengatasi rasa gugup ketika berada di lapangan.

“ Praktiknya seru, dan bangga karena kita pertama kali menggunakan mobil OB Van.” Ujar Indah salah satu  Mahasiswa yang bertugas sebagai Reporter.

 

Reporter : Sri Rahayu dan Dwi Atikah

Foto         : Dwya Aprilianto