ATVI Diundang dalam Acara Seminar Busniness Lunch bersama Jusuf Kalla Cover

ATVI Diundang dalam Acara Seminar Business Lunch bersama Jusuf Kalla


25 Mahasiswa ATVI serta 2 orang dosen pendamping menghadiri acara seminar yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Mezzanine Ballroom Aryaduta Hotel Jakarta pada Kamis, 2 Agustus 2018.

Seminar yang mengangkat tema “Waspada Ekonomi Indonesia di Tahun Politik” ini dihadiri oleh pembicara yang sangat mumpuni, yaitu : Bapak Jusuf Kalla Wakil Presiden RI yang memberikan Keynote Speech setelah sambutan dari Ketua Umum PWI Pusat, Bapak Margiono.

Kemudian hadir pula pembicara lain, seperti : Bapak Wimboh Santoso (Ketua OJK), Bapak Darmin Nasution (Menko Perekonomian), Bapak Rosan P. Roeslani (Ketua Kadin Indonesia), Bapak Burhanudin Muhtadi (Direktur Eksekuti Indikator Politik Indonesia), Ibu R. Siti Zuhro (Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI), dan Bapak Meidyatama Suryodiningrat (Pemimpin Umum Kantor Berita Antara).

ATVI Diundang dalam Acara Seminar Busniness Lunch bersama Jusuf Kalla 1

ATVI merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang hadir dalam acara seminar ini, mengingat banyaknya tamu undangan yang datang adalah wartawan, anggota PWI, serta tamu undangan non mahasiswa.

Walau pembahasan seminar kali ini di luar dunia broadcasting, salah satu peserta dari ATVI mengatakan bahwa mengikuti seminar seperti ini sangatlah bermanfaat.

“Yang kita tahu, tahun 2018/2019 adalah tahun politik, mengingat pada agenda demokrasi yang telah digelar seperti pilkada secara serentak pada 27 Juni 2018 di 171 daerah. Di lain pihak, sudah banyak partai politik yang mulai bersiap untuk menyambut pemilihan presiden 2019 yang tentunya makin menghangatkan suasana politik di tahun ini. Sebagai seorang mahasiswa yang juga merupakan seorang warga negara, kita harusnya lebih peka terhadap situasi seperti ini. Saya mendapatkan banyak informasi baru dari Bapak Jusuf Kalla mengenai manfaat pesta politik dalam bidang ekonomi. Padahal dulunya saya hanya tahu bahwa pesta politik berarti menghamburkan uang saja.” ungkap salah satu perwakilan ATVI ketika diwawancara.

ATVI Diundang dalam Acara Seminar Busniness Lunch bersama Jusuf Kalla 2

Tahun politik yang dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap perekonomian negara haruslah selalu dievaluasi dalam perjalanannya. Pasalnya, jika semua pihak yang terkait bekerjasama secara terkoordinasi, maka bisa saja di tahun politik ini justru menjadi pendongkrak perekonomian Negara Indonesia, seperti yang dikatakan Bapak Jusuf Kalla.

“Di Tahun Politik seperti ini, justru banyaknya peluang pekerjaan yang terbuka akan membantu meningkatkan perekonomian negara. Industri percetakan, industri Periklanan, serta media sangatlah diberi keuntungan dengan adanya suasana politik seperti ini. Meningkatnya nilai konsumsi serta banyaknya kampanye yang dilakukan oleh calon terpilih juga meningkatkan pertumbuhan perekonomian saat ini.” ujarnya mengoreksi pemikiran bahwa pesta politik akan menurunkan nilai ekonomi indonesia.

Menurut Jusuf Kalla, Ekonomi Indonesia selalu berada di tengah-tengah dan tidak pernah merosot secara ekstrem dalam hal penurunan. Sehingga melalui acara kali ini, harapannya adalah membuat seluruh pihak mengerti dan paham bahwa satu suara optimisme dengan pemerintah haruslah terealisasikan sehingga memungkinkan bahwa di tahun ini, benar-benar menjadi tahun tonggak untuk mendongkrak perekonomian Indonesia.

 

Reporter & Fotografer            : Sri Ayuningsih