ATVI Hadiri Peresmian JAWARAH Cover

ATVI Hadiri Peresmian JAWARAH


Mahasiswa konsentrasi Jurnalistik Televisi  Akademi Televisi Indonesia ( ATVI) mengikuti acara peluncuran Jaringan Wartawan Anti Hoax ( JAWARAH )  di kawasan Istana Wakil Presiden ,  Jakarta ,  Jum’at ( 20/04/2017 ).

Acara tersebut buka dan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Hadir pula Menteri Komunikasi dan Informasi , Rudiantara,  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), Margiono. Jaringan Anti Hoax dibentuk untuk mengantisipasi atau merespon penyebaran berita – berita hoax.  Pembentukan JAWARAH digagas oleh seluruh komunitas pers di seluruh  Indonesia.   Dalam sambutannya , Jusuf Kalla memberikan apresiasi terhadap pembentukan JAWARAH.

Kehadiran 20  mahasiswa jurnalistik TV  dalam deklarasi JAWARAH ini merupakan sarana untuk membuka wawasan mahasiswa menyangkut ancaman informasi palsu yang meresahkan masyarakat.  Mereka juga belajar mewawancarai 

ATVI Hadiri Peresmian JAWARAH 2

Menteri Komunikasi dan Informasi  serta Ketua PWI. Antusiasme Mahasiswa Jurnalistik juga terlihat ketika melakukan wawancara ekslusif dengan para petinggi serta mengajukan berbagai pertanyaan.

“ saya mendapat banyak pengalaman, termasuk saat saya ikut berdondong – bondng bahkan saling dorong dengan wartawan ketika wawancara. Tapi bagus untuk melatih mental saya di lapangan” ujar Soraya.

ATVI Hadiri Peresmian JAWARAH 1

Ketua Umum PWI, Margiono saat di wawancara menyatakan bahwa PWI  akan mengembangkan Mahasiswa  menjadi agen- agen dari JAWARAH. Keikutsertaan Mahasiswa ATVI konsentrasi Jurnalistik ini juga membuka jejaring dengan organisasi wartawan di Indonesia. Mereka akan menjadi advokat bagi pendidikan tentang ancaman bahaya dari hoax.

“ mungkin namanya anggota muda, jadi teman teman mahasiswa bidang komunikasi akan kita jadikan jadi bagian dari jawarah , untuk latihan menyaring informasi, konfirmasi komunikasi, dari awal kita sudah akan mengajak mahasiwa manjadi bagian dari jawarah. “ sambungnya.

Reporter : Sri Rahayu

Foto : Fenny Fitriyaningsih