ATVI Jadi Relawan untuk Palu, Donggala, dan Sigi Cover

ATVI Jadi Relawan untuk Palu, Donggala, dan Sigi


Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah III Jakarta, mengundang seluruh Perguruan Tinggi Swasta yang ada dalam lingkupnya untuk ikut berpartisipasi membantu percepatan pemulihan lokasi gempa dan tsunami di Kota Palu, Donggala, serta Sigi, Sulawesi Tengah.

ATVI Jadi Relawan untuk Palu, Donggala, dan Sigi 1

ATVI sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berada dalam Lingkup L2DIKTI Wilayah III, mengirimkan 11 orang Mahasiswa dan 2 orang Dosen Pendamping yaitu Dias Suminta Suria Putra dan Desrizal sebagai sukarelawan dalam kegiatan kali ini.

Kegiatan berfokus pada pendampingan bagi pengungsi korban bencana, trauma healing atau penghilangan trauma kepada warga yang terkena dampak, serta penyaluran bantuan logistik dan tempat tinggal berupa pendirian tenda untuk para pengungsi. Selain itu, Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyerahkan sumbangan yang telah dikumpulkan, dari seluruh Perguruan Tinggi Swasta dalam lingkup L2DIKTI.

ATVI Jadi Relawan untuk Palu, Donggala, dan Sigi 2

Pemberangkatan dilakukan dari Bandara Halim Perdana Kusuma pada tanggal 30 Oktober 2018, menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU dan tiba di Bandara Sis Al Jufri, Palu. Sebelumnya, Para Relawan telah dibagikan rompi dan baju untuk dipakai saat bertugas agar tidak terlihat ada perbedaan instansi diantara seluruh Perguruan Tinggi.

ATVI Jadi Relawan untuk Palu, Donggala, dan Sigi 3

L2DIKTI Wilayah III mengirim sekitar 100 Sukarelawan dalam misi pemulihan ini, mereka bergerak dan tersebar di Palu, Donggala, serta Sigi untuk melaksanakan Misi Pemulihan kota. Relawan Mahasiswa dari ATVI berfokus pada pembuatan dokumentasi, baik berupa foto maupun video kegiatan pada saat seluruh Relawan dari L2DIKTI melaksanakan tugasnya, yang kemudian akan dilakukan proses editing secara langsung pada malam hari setelah selesai kegiatan di siang hari.

ATVI Jadi Relawan untuk Palu, Donggala, dan Sigi 4

Relawan ATVI juga ikut serta bergerak dalam penyaluran bantuan makanan dan kegiatan Trauma Healing, khususnya bagi anak-anak korban bencana, mereka juga ikut dalam pembangunan Tenda Sekolah di Madrasah Alkhairaat agar anak-anak Palu bisa kembali bersekolah.

Selain itu, mereka melakukan Peliputan dengan cara mewawancarai beberapa narasumber yang berkepentingan terkait dokumentasi, dan membantu dalam proses Evakuasi Warga sebelum adanya penyemprotan Disinfektan di dalam tenda-tenda tempat pengungsian.

 

Penulis                        : Sri Ayuningsih

Foto                             : Team Relawan ATVI