ATVI selenggarakan Literasi Media Cover

ATVI Selenggarakan Literasi Media


(Atvi.ac.id)- Rab 30/8/2016 . Guna membagi pengetahuan terhadap kegunaan media massa, ATVI melalui UKM Story Telling bekerjasama dengan Yayasan Indosiar akan mengadakan Program Literasi Media pada November 2016 mendatang. Story telling sendiri merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi.

Koordinator UKM Story Telling, Ratih Damayanti menuturkan, penumbuhan minat membaca melalui program literasi media ini sangat penting terutama bagi anak-anak. Saat ini, mereka menghadapi penetrasi media serta kehadiran games yang kurang mendidik.

 

ATVI selenggarakan Literasi Media 1

"Bombardir media pada anak-anak hadir melalui program-program televisi. Ditambah lagi makin banyaknya games sekarang ini. Nah, program literasi media ini dimaksudkan untuk mengasah kepekaan dan sikap kritis agar mereka lebih melek media. Kami akan mengundang SD Wijayakusuma Jakarta Barat untuk visiting studio," katanya.

Dia menjelaskan, pada program kunjungan ke studio ini, para siswa SD akan diperkenalkan dengan studio, alat-alat yang ada didalamnya dan mendengarkan bagaimana sebuah tayangan diproduksi hingga dapat ditonton dirumah. Tujuannya agar anak-anak memahami bahwa tayangan yang mereka saksikan di layar kaca merupakan sebuah produk yang dibuat.

Sebagai informasi, kelompok story telling ini beranggotakan mahasiswa ATVI dan sejumlah dosen sebagai pembimbing. Selain program pengabdian masyarakat, kelompok pencerita ini juga memiliki program pengembangan kemampuan berkomunikasi bagi para anggotanya, terutama mahasiswa. Tujuan agar mereka mampu menyampaikan ide, cerita, gagasannya di depan publik.

 

"Apalagi mereka nantinya akan bekerja di stasiun TV. Mereka harus mampu  menyampaikan pesan melalui program TV yang dibuatnya, mereka juga diajarkan bagaimana bercerita secara kreatif seperti mendramatisasi sebuah cerita tanpa media hanya menggunakan gesture, intonasi dan mimik wajah," ujar Ratih.

UKM Story Telling banyak bekerjasama dengan Humas Yayasan Indosiar dalam program pengabdian masyarakat. Contohnya program Perpustakaan mobil keliling dalam rangka meningkatkan minat baca anak dan pemeriksaan gigi gratis.

”Nantinya kami berkeliling membawa buku-buku ke masyarakat agar anak-anak tertarik membaca buku, bukan hanya membacanya saja tetapi mereview apa yang dibaca. Mahasiswa yang terlibat bukan hanya membantu, tapi juga turut memberi pengetahuan yang dimilikinya," ucapnya.

ATVI selenggarakan Literasi Media 2

Oleh Misyatun.