deklarasi-ke-enam-ukm-atvi-broadcast-journalizm-cover

DEKLARASI KE-6 UKM ATVI BROADCAST JOURNALIZM


Unit Kegiatan Mahasiswa ATVI Broadcast Journalizm (UKM ABJ) melaksanakan deklarasi anggota baru yang ke-6. Deklarasi diikuti oleh 21 orang, berlangsung di Villa Input Taman Safari, Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada (17-18/09/2016)

Sejumlah rangkaian acara digelar pada kegiatan rutin tahunan ini. Diantaranya pelatihan pengembangan jurnalistik oleh anggota senior kepada junior, bagaimana terjun menjadi seorang jurnalis di lapangan, membuat berita feature layak tayang dalam waktu 2 jam, mulai dari mencari berita hingga editing yang dilakukan secara berkelompok dan peserta juga dilatih teknik meliput berita apabila harus melewati pos-pos penjagaan.

Selain berbagai kegiatan pelatihan, deklarasi juga dilakukan sebagai pengikat tali persaudaraan antar anggotanya seperti yang disampaikan oleh ketua acara Brian Mohammad

“semoga impactnya terus ada, semakin kompak dan ada rasa memiliki ABJ. kekeluargaan ABJ terjaga, tambah keluarga senior dan junior tambah dekat.” Ucapnya.

deklarasi-ke-enam-ukm-atvi-broadcast-journalizm

Deklarasi ABJ kali ini juga dihadiri oleh sejumlah alumni dan pendiri, mereka membaur bersama anggota baru untuk  berbagi pengalaman tentang Editorial Plan dalam jurnalistik.

Dari angkatan pertama hadir Hendy Wishnu yang kini bekerja di salah satu web development, sosial media branding dan production house. Hendy mengaku senang melihat antusisas anggota baru yang memiliki minat besar di dunia jurnalistik.

Hendy juga menantang peserta deklar untuk mengupload video liputan ke sosial media ABJ dengan hadiah sejumlah uang tunai bagi tiga orang dengan likes terbanyak. Sebagai pendiri organisasi yang eksis di ATVI ini Hendy merasa bangga dan tidak menyangka sebuah UKM yang didirikan bersama rekan-rekan seangkatannya pada 25 oktober 2010 lalu mampu bertahan hingga tahun ke-enam ini.

“Setiap anggota ABJ tentunya bangga, terutama saya bangga dengan kalian, karena karena UKM yang saya bangun bersama dengan teman-teman telah memasuki usianya yang ke 6 dan semakin eksis” ujarnya.

Direktur ATVI, Eduard Depari berharap melalui kegiatan deklarasi ke-6 ini anggota baru dapat mengenal lebih dalam tugas-tugas jurnalistik baik cetak maupun TV.

“Terpenting bagaimana anggota ABJ mampu terlibat dalam proses menghasilkan karya baik tulisan maupun program TV yang bernilai jurnalistik, memiliki naluri jurnalistik yang tinggi dan memiliki kemampuan menulis berita” ujarnya.

Acara ditutup dengan pembagian ID PERS kepada seluruh peserta deklarasi sebagai pengesahan anggota ABJ angkatan ke-6.

Sebagai informasi Unit Kegiatan Mahasiswa ATVI Broadcast Journalizm adalah pencetus lahirnya konsentrasi Jurnalistik di Akademi Televisi Indonesia.

 

Oleh : Nathalia Surya

Foto : Rico Anjalius