DEKLARASI KE-7 ATVI BROADCAST JOURNALISM Cover

DEKLARASI KE-7 ATVI BROADCAST JOURNALISM


ATVI Broadcast Journalism (ABJ) kembali  melaksanakan deklarasi anggota baru ke-7. Deklarasi diikuti oleh 23 mahasiswa, kegiatan rutin tahunan ini terlaksana di Pulau Pari Kepulauan Seribu Jakarta Utara selama 2 hari satu malam (16-17/18/2017).

Deklarasi ini biasa disebut sebagai makrab atau malam keakraban. Acara tersebut dikhususkan  untuk anak semester 3  yang mengikuti UKM ABJ  sebelum diberi mandat sebagai pengurus ABJ. Mereka dididik dan diberi ilmu tentang jurnalis agar siap mental, siap tenaga, dan siap pikiran untuk menjalankan UKM ABJ periode baru. Serangkaian acara diantaranya peserta dididik untuk mengembangkan ilmu jurnalistik yang diberikan oleh senior kepada juniornya. Seluruh anggota  ditantang meliput berita di lapangan dengan tema “Future Treveling”. Tidak hanya diajarkan tentang ilmu jurnalistik, pada deklarasi kali ini peserta diajarkan arti kerja sama dengan diadakannya games, selain itu, mereka juga bisa menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan setiap peserta. Di akhir games mereka berenang ke pantai dan melepas rasa lelah, disini tidak ada perbedaan antara senior dan jurniornya.

DEKLARASI KE-7 ATVI BROADCAST JOURNALISM 1

Diakui Neneng Astrianti salah satu peserta deklarasi “Seru, banyak manfaatnya, dapat ilmu tentang jurnalis dan langsung praktek di lapangan. Yang paling berkesan ketika kita sama-sama berenang di pantai setelah seharian liputan, disana timbul rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang sebelumnya belum saya dapatkan”.

Deklarasi ABJ kali ini dihadiri oleh Alumni dari angkatan ke-11 yaitu Adriansyah. Ia menceritakan pengalaman bekerja di TV Pandeglang Banten. Adriansyah juga memberikan materi tentang bagaimana cara membuat berita dengan benar. Selain itu dia juga membagikan pengalamannya selama bekerja di TV daerah.

“Kita itu jangan terpaku pada TV nasional, coba kita lihat TV daerah, apa salahnya kita bekerja di TV daerah, jangan gengsi jika kita kerja di TV daerah, emang sebenernya kita gengsi untuk apa sih, hilangkan gengsi itu. Karena di TV daerah kita sangat dihargai oleh masyarakat” Ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Selain alumni ada senior dari semester 6 yaitu Shirley, dia mengawasi jalannya deklarasi berlangsung. Mereka membaur bersama anggota baru dan jauh dari kata senioritas.

Nathalia Surya selaku ketua ABJ 2017 sekaligus ketua penyelenggara deklarasi ini berharap semua panitia berhasil melatih peserta sebagai anggota ABJ. Termasuk bagaimana  mengenal ilmu jurnalistik maupun produksi.

“Mendapatkan pengalaman yang seru, memiliki mental yang kuat dan berkeinginan maju serta tentunya meningkatkan kekeluargaan di ABJ, membuat kalian para penerus bisa kompak, saling support dan saling membatu sebagai keluarga. Semangat dan tetap bersatu.” Sambungnya.

Acara deklarasi juga ditutup dengan pembagian ID PERS mahasiswa kepada seluruh peserta deklarasi sebagai pengesahan anggota ABJ angkatan ke-7.

 

Reporter : Dwi Atikah

Foto         : Dok. Atvi Broadcast Journalism