DIES NATALIS KE 20, ATVI SELENGGARAKAN AKSI DONOR DARAH Cover

DIES NATALIS KE 20, ATVI SELENGGARAKAN AKSI DONOR DARAH


ATVI kembali mengadakan aksi donor darah. Kali ini diselenggarakan guna memperingati dies natalis ATVI ke 20. Peserta aksi donor darah terdiri dari Karyawan Indosiar, SCTV, Ochannel, IEP, mahasiswa, dosen dan staf ATVI. Berlangsung pada Senin, (07/05/18) di kampus 1 ATVI, sejak pukul 09.00-12.00 WIB. Dalam aksi ini, ATVI bekerja sama dengan PMI  Kabupaten Tangerang.

Aksi donor darah sendiri merupakan salah satu kegiatan yang digagas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ATVI. Hal ini dikemukakan oleh Sekertaris LPPM ATVI, Ratih Damayanti, S.Sos., M.Pd.

 “Memperingati dies natalies ATVI ke 20, LPPM ATVI membuat kegiatan aksi donor darah sebagai wujud pengamalan dari tri dharma perguruan tinggi, dalam hal ini ada pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, nah untuk aksi donor darah ini masuk yang ke tiga yaitu pengabdian kepada masyarakat yang mana kegiatan ini adalah untuk kemanusiaan”, ungkapnya.

DIES NATALIS KE 20, ATVI SELENGGARAKAN AKSI DONOR DARAH 1

Meski digelar bagi peserta di lingkungan kampus, animo pendonor terpantau cukup tinggi. Hal ini terlihat dari dari antrian di meja pendaftar yang mengular sedari pukul 09.00 WIB. Namun karena keterbatasan waktu, panitia hanya menerima donor sampai pukul 12.00. Jumlah pendaftar berkisar ratusan orang.  Adapun jumlah kantong darah yang terkumpul sebanyak 59 kantong, sebab tidak semua pendonor dapat lolos syarat sebagai pendonor.

Adapaun syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pendonor, yaitu usia minimal 17 tahun, berat badan tidak kurang dari 45kg, kodisi kesehatan secara umum sehat,  tidak sedang minum obat, untuk wanita tidak sedang menstruasi. itu semua dinyatakan melalui hasil pemerikasaan sederhana termasuk pemeriksaan hemoglobin dan golongan darah, jika dinyatakan lolos maka barulah dapat dilakukan pengambilan darah oleh perawat.

DIES NATALIS KE 20, ATVI SELENGGARAKAN AKSI DONOR DARAH 2

Menurut Triono (Karyawan Indosiar) motivasinya mengikuti donor darah adalah untuk kesehatan dan kemanusiaan.

 “Donor darah itu kan buat kesehatan kita juga, selain itu juga kita bisa beramal, beramal itu tidak harus pakai uang kita juga bisa beramal dengan darah.”

 Begitu pula dengan Simon salah satu mahasiswa ATVI, dia juga merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan ini karena dia bisa berbagi darah untuk kepentingan banyak orang.

Menurut  salah satu Petugas PMI, Bambang, manfaat donor darah dari sisi kesehatan adalah terjadi peremajaan sel darah merah didalam tubuh, karena darah yang diambil merupakan darah yang berusia tua dan akan dihancurkan oleh tubuh, disisi lain dia akan meringankan kerja ginjal.

DIES NATALIS KE 20, ATVI SELENGGARAKAN AKSI DONOR DARAH 3

 “Karena semua proses pembersihan itu dilakukan diginjal, darah yang sudah mati dengan sendirinya didalam sistem sirkulasi tubuh akan dihancurkan oleh ginjal dalam kondisi normal. Dengan adanya pengurangan darah yang dikurangi oleh donor, itu meringankan kerja ginjal.” lanjutnya.

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk  untuk memenuhi satu kantong darah yaitu waktu 10-15 menit. Setelah itu pendonor mendapat godybag dari PMI yang berisi susu, suplement, bikuit, dan juga produk minuman coolant dari PT. Sari  Enesis Indah Bekasi.

Reporter:Dwi Atikah

Foto: Misyatun