Dirjen Penyelanggaraan Pos dan Informatika Isi Kuliah Perdana Cover

Dirjen Penyelanggaraan Pos dan Informatika Isi Kuliah Perdana


8 Agustus 2018 diadakan Kuliah Perdana di Studio 5 Indosiar bagi Mahasiswa Baru ATVI setelah sebelumnya mengikuti program pengenalan lingkungan kampus. Pemateri dalam Kuliah Perdana kali ini adalah Prof. Dr. Ahmad M. Ramli yang menjabat sebagai Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika dengan tema “Pendidikan Vokasi Pertelevisian, Tantangan dan Harapan di Era 4.0”.

Susunan acara berupa menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Direktur ATVI Drs. Eduard Depari, MA., M.Sc., yang dilanjutkan dengan penyematan almamater ATVI kepada perwakilan Mahasiswa Baru oleh Gilang Iskandar selaku Corporate Secretary SCM, menyanyikan Lagu Mars ATVI oleh Mahasiswa Baru, Penayangan kompilasi karya mahasiswa dan VT kampus, dilanjutkan sambutan oleh Gilang Iskandar, kemudian barulah penyampaian materi oleh Ahmad M. Ramli yang dibuka dengan penjelasan bahwa dunia sudah mulai berubah.

Dirjen Penyelanggaraan Pos dan Informatika Isi Kuliah Perdana 2

M. Ramli menjelaskan karena dunia sudah berubah, maka semua bisa dilakukan dengan mudah, sekarang ini semua bisa dilakukan dan dicari lewat internet. Apalagi di dunia pendidikan pertelevisian, di era four point zero (4.0) yang perubahannya menekankan pada era digitalisasi.

“Penyelenggaraan Pos dan Informatika sudah menaikan internet sebesar 30% di Indonesia, karena semua sudah dilakukan secara streaming. Telekomunikasi dibangun untuk dirasakan manfaatnya karena tidak bisa dilihat secara fisik. Hubungannya dengan pendidikan pertelevisian adalah Mahasiswa perlu tahu bahwa di era digital ini, ketika mereka memiliki sebuah karya, tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari produser. Karena mereka sudah sangat dipermudah untuk memiliki media sendiri dan dapat menjadi produser sekaligus sutradara untuk karyanya sendiri.”

Ahmad M. Ramli juga mengatakan bahwa sekitar tahun 2020 sistem penyiaran di Indonesia akan berubah (Switch of) dari analog ke digital. Kalangan tidak mampu akan diberi mesin Set Top Box yaitu alat penyambung untuk televisi digital. Sehingga setelahnya  siaran pada televisi akan semakin berkualitas dengan frekuensi yang stabil. Lebih interaktif serta memberikan layanan yang baik pada penontonnya.

Dirjen Penyelanggaraan Pos dan Informatika Isi Kuliah Perdana 1

Harapan untuk Mahasiswa ATVI di era sekarang adalah untuk bersama-sama mau berubah sesuai dengan perubahan dunia. Jangan hanya belajar dari satu sumber, carilah sumber sebanyak mungkin untuk dibandingkan kekurangannya. Mari bersama untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Kuliah Perdana kali ini diikuti oleh sekitar 143 Mahasiswa beserta orang tuanya, para dosen dan staf ATVI,  perwakilan dari Surya Citra Mandiri (SCM), perwakilan dari yayasan Indosiar, dan tamu undangan dari Koopertis Wilayah 3. Acara ditutup dengan penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan kepada Bapak Ahmad M. Ramli yang kemudian diteruskan dengan doa bersama.

 

Reporter         : Sri Ayuningsih

Foto                : Tri Cahya Ningsih