DOKUMENTER ATVI RAIH JUARA TINGKAT NASIONAL Cover

DOKUMENTER ATVI RAIH JUARA TINGKAT NASIONAL


Berawal dari tugas akhir mata kuliah Film Dokumenter di Semester  lima, empat mahasiswa ATVI meraih juara 3 kategori Pendidikan dan Kesehatan, dalam ajang Festival Film Nusantara (FFN) 2017. Kompetisi film dokumenter tingkat nasional yang digelar oleh Pusat Penerangan TNI dalam rangka merayakan HUT TNI ke-72.

Keempat mahasiswa  tersebut ialah Misyatun (Sutradara sekaligus Editor) Jessica Lani Sianturi (Produser),  Arum Angestiandari (Penulis Naskah)  dan Rico Anjalius  (Penata gambar). Mereka merupakan satu kelompok yang menggagas dokumenter berjudul “Ciliwung Berdongeng.”

DOKUMENTER ATVI RAIH JUARA TINGKAT NASIONAL 1

Penganugerahan dilaksanakan di teater besar Taman Ismail Marzuki, pada selasa (10/10/2017). Dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.   

Dokumenter berdurasi 11 menit ini menceritakan upaya seorang pendongeng bernama Kak Resha sebagai subjek utama dalam menanamkan benih cinta  lingkungan kepada anak-anak di bantaran Sungai Ciliwung dari hulu hingga hilir.

Sutradara sekaligus Editor, Misyatun mengungkapkan  rasa syukur dan kegembiraannya berhasil meraih juara, “Alhamdulillah, bersyukur, cukup senang kami tim Ciliwung Berdongeng bisa bawa nama baik kampus di forum nasional.”

Misya juga mengatakan bahwa peluang mengikuti kompetisi bagi mahasiswa ATVI sangat besar,pasalnya setiap akhir semester tugas kampus selalu membuat karya audio visual.

“Setiap akhir semester tugas-tugas kita selalu membuat karya, peluang kita bisa ikut kompetisi dan menang lomba cukup besar hanya dari video tugas  yang kita buat. Kuncinya ketika ada tugas jangan dikerjakan setengah- setengah. Tapi memang ada niat karya itu akan dipublikasikan. Banyak sekali ruang  apresiasi untuk setiap karya yang kita buat, seperti festival film misalnya”, ujarnya.

Misya juga berpesan kepada teman-teman di ATVI agar jangan malu untuk mempublikasikan karyanya, “Manfaat

DOKUMENTER ATVI RAIH JUARA TINGKAT NASIONAL 2

sebuah karya adalah ketika bisa dipublikasikan dan disaksikan banyak orang, jadi jangan malu untuk mempublikasikan, buat saya pribadi menang lomba adalah akibat dari sebuah proses, paling penting adalah keberanian untuk mencoba”,  sambungnya.

Festival Film Nusantara adalah kompetisi film dokumenter tingkat nasional yang diikuti oleh televisi, rumah produksi, mahasiswa dan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Ada 300 karya yang masuk, kemudian disaring menjadi 100 karya terpilih sebelum akhirnya ditetapkan 5 nominasi dari 8 kategori berbeda yang diperebutkan. Kategori tersebut antara lain,  Budaya dan Pariwisata, Pendidikan dan Kesehatan, Religi dan Toleransi, Nasionalisme dan Bela Negara, Pemuda dan Olahraga, Sosial Humanisme dan SDM, terakhir Desa dan Maritim.

Ciliwung Berdongeng menduduki urutan ke 3 setelah Kuda Pustaka (juara 1)  dari Kompas TV dan Sekolah Emperan (juara 2)  dari Kendari. Atas prestasi ini Tim Ciliwung Berdongeng mendapatkan hadiah berupa Sertifikat, plakat, sejumlah uang tunai dan beasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

 

Reporter : Sri Rahayu

Foto       : Misyatun