Hunting Fotografi “ Menggali Kebudayaan Solo-Yogyakarta” Cover

Hunting Fotografi “ Menggali Kebudayaan Solo-Yogyakarta”


Akademi Televisi Indonesia kembali  mengajak seluruh Mahasiswa semester  II untuk melakukan Hunting Photography di Kota Solo dan Yogyakarta. Acara tahunan ini dilaksanakan pada Kamis ( 24/05/2017). Kegiatan tersebut menjadi  salah satu syarat penilaian mata kuliah Fotografi.

Solo-Yogya merupakan Kota yang kental dengan adat dan budayanya. Mahasiswa dari konsentrasi produksi dan jurnalistik tv  berlatih untuk mengabadikan foto yang menggambarkan betapa Solo – Yogya memiliki kebudayaan yang kental dan Khas. Selain itu, Peserta juga belajar cara bekerja sama dalam sebuah kelompok.

Hunting Fotografi “ Menggali Kebudayaan Solo-Yogyakarta” 3
Hunting Fotografi “ Menggali Kebudayaan Solo-Yogyakarta” 2

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari tiga malam ini mencapai target dua belas destinasi wisata diantaranya,  Candi Sukuh yang berlokasi di Solo, Air Terjun Jumog¸ Pasar Klewer dekat Keraton Solo dan  Kampung batik Laweyan. Sedangkan destinasi pertama di Yogyakarta ialah mendatangi Keraton Yogyakarta, seluruh peserta disuguhi  deretan arsitektur Belanda gedung Bank Indonesia. Destinasi lainnya adalah Taman Sari, Candi Prambanan,  Candi Boko dan  Malioboro.

 “kita coba menggali kesan-kesan budaya di Solo dan Yogyakarta, kebetulan kan respon mahasiswanya bagus.” Ujar Imam Hartoyo salah satu Dosen fotografi.

Keesokan harinya, peserta   bersiap menuju puncak Tebing Breksi. Setelah itu, semua peserta kembali ke bis untuk melakukan perjalanan pulang ke Jakarta. “perjalanan  ini penuh dengan pengalaman juga menjadi ajang silaturahmi bagi sesama mahasiswa.” Ujar I Gede, salah satu peserta hunting. I Gede juga menambahkan bahwa dengan hunting ini peserta dapat saling mengenal dan saling memahami satu sama lain.

Hasil yang didapat akan  diolah se-estetik mungkin. Sebab, Fotografer dengan karya terbaik yang terpilih akan dipamerkan. Hasil karya seluruh mahasiswa juga akan perlihatkan dalam persentasi kelompok sebagai penilaian dalam Ujian Akhir Semester.

 

Reporter dan Foto  : Mohammad Rian Alvian