HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN Cover

HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN


Hunting Fotografi yang dilaksanakan pada tanggal 3-6 Mei 2018 berjalan lancar. Kurang lebih 200 orang mahasiswa semester 2 ATVI berhasil melaksanakan misi dari para dosen pembimbing, yaitu tantangan untuk menghasilkan karya foto yang sesuai dengan arahan dan aturan di buku panduan.

Hunting Fotografi adalah ajang praktik guna menggantikan ujian akhir mata kuliah fotografi yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Mahasiswa Semester 2 ATVI.  Tahun ini kegitan dilaksanakan di Kota Cirebon dan Kuningan yang dikenal sebagai kota udang dengan adat religinya yang sangat kuat.

HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN 2

Karya foto itu nantinya akan dimuat dalam bentuk slide show per kelompok yang kemudian akan ditayangkan sekaligus dipresentasikan di depan para juri ujian dan teman-teman satu angkatan lainnya.

 ATVI memilih Kedai Travel sebagai jasa tournya dan mengunjungi 12 situs pariwisata yang terkenal di Cirebon serta 2 situs sejarah di Kuningan, 12 Situs tersebut diantaranya : Taman Budaya Hati Tersuci, Keraton Kesepuhan, Desa Gerabah Sitiwinangun, TPI Bondet, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Alun-Alun Kejaksaan, Stasiun dan Balai Kota Cirebon, Tari Topeng di Keraton Kanoman Cirebon, Pusat Perbelanjaan Batik Trusmi, Pantai Kejawanan, dan Gua Sunyaragi. kemudian 2 situs di Kuningan adalah Situs Purbakala Cipari, dan Gedung Linggarjati.

HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN 3

Hari pertama pada tanggal 3 Mei 2018, seluruh mahasiswa berkumpul di stasiun Gambir untuk berangkat bersama menuju Cirebon. Kemudian dilanjutkan perjalanan menggunakan Bus Pariwisata ke tempat tujuan pertama yaitu Taman Budaya Hati Tersuci yang sekaligus menjadi tempat makan siang peserta. Perjalanan dilanjutkan ke Keraton Kesepuhan dan Desa Gerabah Sitiwinangun, di sana peserta Hunting Fotografi mengeksplore semua materi yang telah diajarkan di kelas guna mengambil gambar sesuai dengan arahan dosen pembimbing.

 Kedatangan ATVI ke Kota Cirebon disambut baik oleh warga setempat, seperti pada kunjungan ATVI ke Desa Gerabah, Taman Budaya Hati Tersuci, TPI Bondet dan lainnya  para pemimpin desa menyambut ATVI dengan penuh rasa terima kasih. Mereka berharap ATVI dapat mengambil gambar dan momen yang indah di tempat mereka dan menyebarkan ke seluruh Indonesia bahwa di Cirebon juga ada tempat-tempat dengan keindahan yang masih alami dan kaya akan sejarah.

HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN 4

Beberapa Mahasiswa, khususnya jurusan Jurnalistik tidak hanya mengambil gambar untuk ujian mata kuliah fotografi, namun juga mewawancarai warga setempat untuk memperoleh Informasi yang berguna dalam pembuatan feature untuk menggantikan ujian akhir semester mata kuliah creative writing. Para peserta Hunting Fotografi kali ini tidak hanya berusaha mengambil gambar yang baik dan benar, namun mereka juga jadi lebih peka terhadap sekitar karena mengunjungi daerah orang lain memerlukan keterampilan pendekatan dan kesopanan.

 Peserta hunting juga mengunjungi Pantai Kejawanan Cirebon untuk mengambil gambar Sunrise dan Siluet. Untuk mendapatkan momen itu, peserta harus berangkat mulai pukul 3 dini hari karena perjalanan menuju tempat terbitnya matahari harus ditempuh dengan berjalan kaki. Sesampainya di lokasi, walau ada sedikit  gangguan berupa awan yang menggumpal di langit, para peserta merasa perjalanan mereka bisa terbayar dengan lunas, karena mereka bisa mendapatkan gambar yang bagus.

HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN 5

Setelah selesai mengambil Sunrise di Pantai Kejawanan, Peserta kembali ke hotel untuk sarapan dan membersihkan diri. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kuningan selama hampir 2 jam menuju Situs Cipari dan Museum Linggarjati. Malamnya, peserta kembali ke Cirebon dan menuju Keraton Kanoman untuk melihat pertunjukan tari topeng. Tarian yang sering di pertunjukkan di keraton ini adalah tari topeng lima wanda. Topeng babakan lima wanda memiliki pendekatan spiritual dan sifat-sifat manusia sebagai masyarakat Cirebon.

 Seharian melewati perjalan membuat peserta cukup lelah, mereka beristirahat di hotel sekaligus merapikan barang-barang yang mereka bawa karena keesokan harinya peserta  akan melanjutkan perjalan ke Goa Sunyaragi sekaligus pulang ke Jakarta. Hari keempat ATVI menggunakan Bus yang berangkat pukul 8 pagi menuju Goa Sunyaragi dan disambut dengan baik oleh penjaga goa tersebut. Goa Sunyaragi terkenal dengan beberapa pantangan dan teori mistiknya, karena konon  goa yang seluruh bangunannya terbuat dari batu ini dulunya adalah tempat peristrahatan dan semedi para Sultan Keraton Cirebon.

HUNTING FOTOGRAFI SEMESTER 2 ATVI EKSPLORASI CIREBON DAN KUNINGAN 1

Selesai dari Goa Sunyaragi, ATVI makan siang di tempat makan yang menyediakan kuliner khas Cirebon yaitu Empal Gentong. Memakan Empal Gentong sekaligus berusaha mengambil gambar yang bagus untuk memperlihatkan sisi kelezatan menyantap makanan khas ini memberikan tantangan tersendiri bagi peserta, pasalnya dengan ruang yang terbatas seluruh peserta mengambil gambar dengan objek yang sama. Disanalah kreativitas mahasiswa ditantang untuk menghasilkan gambar dengan sudut pandang yang berbeda satu sama lain.

 Demikianlah perjalanan Hunting Fotografi Semester 2, Tahun 2018 di Cirebon dan Kuningan, selesai menyantap Empal Gentong, Para Peserta menuju Stasiun Cirebon untuk kembali ke Jakarta menggunkan Kereta Ekspress Argo Jati. Mereka melepas lelah selama 4 hari 3 malam dengan tertidur pulas di bangku kereta.

 Sampai jumpa di perjalanan Hunting di tempat yang berbeda tahun depan!.

 

Reporter : Sri Ayuningsih

Foto: Dokumentasi hunting fotografi ATVI