tbcb 2-01

Inaugurasi TBCB ATVI 2017 Sukses digelar


atvi.ac.id- Lagu Kebangsaan  Indonesia Raya menggema menjelang senja, membuka gelaran  acara inaugurasi ATVI TV Broadcaster Character Building Program (TBCB). Serangkaian kegiatan seperti parade yel-yel, nonton bareng dan penyerahan sertifikat kelulusan digelar, berlangsung semarak di Plataran Studio 1 Indosiar, Jumat ( 27/10/ 2017).

Inaugurasi merupakan rangkaian kegiatan  terakhir mahasiswa baru ATVI, angkatan 2017 setelah mengikuti program TBCB,  yaitu  kegiatan pembangunan karakter bekerjasama dengan Batalyon Infanteri 6 Marinir, yang bermarkas besar di Cilandak, Jakarta Selatan, beberapa pekan lalu.

INAUGURASI TBCB ATVI 3

Hadir dalam acara ini, Direktur ATVI Drs. Eduard Depari, MA. M.Sc. , Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Handy Utama, Mayor Tantahara, mewakili Komandan Batalyon Infanteri 6 Marinir bersama 5 orang Pelatih dari Korps Marinir, sejumlah dosen dan staff ATVI.

Menurut Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan Handy Utama, inaugurasi adalah upacara kelulusan mahasiswa baru setelah mengikuti program TBCB, ditandai dengan penyerahan sertifikat kelulusan dari pihak Marinir, sertifikat 

ini sifatnya wajib dimiliki setiap mahasiswa ATVI, guna menentukan kelulusan.

“Inaugurasi ini lebih kepada semacam kelulusan, dimana kita akan mendapat sertifikat, yang berlaku pada saat mereka masuk semester 6. Mereka tidak bisa lulus kalau tidak memiliki sertifikat TBCB  dan hal ini berlaku mulai angkatan 2017”.

Handy Utama juga mengatakan dalam program TBCB, mahasiswa digembleng secara mental dan fisik berkaitan dengan disiplin dan kerjasama agar menjadi broadcaster yang handal di kemudian hari.

INAUGURASI TBCB ATVI 1

"Digembleng secara mental dan fisik agar pada waktunya mereka jadi broadcaster siap menghadapi tekanan, karena broadcaster adalah sebuah profesi yang kegiatannya cukup padat, dibutuhkan kemampuan fisik dan mental, TBCB kegiatan cocok untuk itu", ujarnya.

Direktur ATVI Drs. Eduard Depari, MA. M.Sc. dalam sambutannya, menyampaikan alasan pihaknya bekerjasama dengan TNI, karena TNI adalah angkatan bersenjata RI yang dikenal cukup dekat dengan kalangan mahasiswa.

"TNI adalah angkatan bersenjata RI yang sudah tidak diragukan lagi kedekatan dengan mahasiswa dan juga tidak diragukan lagi keterampilan dalam bertempur dan membela negara, maka itu ATVI memilih TNI dalam hal ini Korps Marinir 6, Cilandak".

Dia juga menambahkan bahwa kegiatan TBCB dinilai berhasil dan telah memberikan dampak positif dan nyata bagi civitas akademika terutama mahasiswa.

"Kami melihat ada perubahan mahasiswa kearah positif  setelah mengikuti TBCB, yaitu ada kebiasaan baru di kampus, misalnya ketika dosen belum datang mahasiswa sudah menunggu di kelas. Apa yang dicontohkan oleh pelatih di Marinir mewarnai kehidupan civitas akademika khususnya mahasiswa, dari sini kami bisa menilai ada keberhasilan.

INAUGURASI TBCB ATVI 2

Melihat keberhasilan program TBCB Direktur juga berencana kegiatan TBCB tahun depan akan berdurasi lebih lama.

" Karena 3 hari 3 malam terlalu singkat jadi kedepan akan dilakukan minimal 5 hari 4 malam" .

Sementara itu, Mayor Tantahara hadir membacakan pesan kepada 205 peserta inaugurasi TBCB, mewakili Komandan Batalyon 6 Marinir, Letkol Irwanto sebagai Kepala Pelatih yang berhalangan hadir.

Adapun pesan sang Komandan sebagai berikut:

  1. Jadikan pengalaman TBCB untuk membentuk sikap, kepribadian atau karakter
  2. Melaksanakan tugas dengan ketaatan kejujuran dan kedisiplinan tinggi
  3. Bawa hal-hal positif dari apa yang didapat selama mengikuti pelatihan.

Inaugurasi TBCB ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa baru, Deri Rayhan Lazuardi dan Audi Imani, dilanjutkan menonton film "Menembus Gerbang Masa Depan" , film  dokumentasi kegiatan TBCB ATVI 2017.

Reporter: Misyatun