Kuliah Umum Let’s Move On Bersama Kepala L2DIKTI Cover

Kuliah Umum Let’s Move On Bersama Kepala L2DIKTI


Tiga kata kunci meraih peluang adalah Open Mind, Open Heart, dan Open Will. Itulah yang disampaikan oleh Dr. Ir. Illah Sailah, MS.  selaku pengisi materi pada Kuliah umum di tanggal 27 September 2018 lalu. Bertempat di Studio 5 Indosiar, acara Kuliah umum ini juga merupakan acara penyerahan sertifikat TBCB kepada Mahasiswa Baru ATVI angkatan 2018, sehingga perwakilan pelatih dari Korps Marinir Cilandak turut serta hadir.

Berbicara mengenai peluang, Illah Sailah mengungkapkan, “Dunia semakin kompleks, permasalahan juga semakin kompleks. Ketika memasuki dunia pendidikan di perguruan tinggi, sebagai mahasiswa sudah semestinya sadar akan pentingnya mendekatkan diri dengan informasi. Karena orang yang dekat dengan informasilah yang akan menang dalam kehidupan yang semakin global ini.”

Kuliah Umum Let’s Move On Bersama Kepala L2DIKTI 1

ATVI merupakan Perguruan Tinggi Vokasi yang bergerak dalam Ilmu Komunikasi, sehingga Illah Sailah yakin bahwa Mahasiswa ATVI akan sadar dan dekat dengan informasi tanpa harus diberi pengarahan terus-menerus. Kesadaran itulah yang akan menjadi penentu kesuksesan seseorang selain dari Passion (kemampuan), Dreams (mimpi), Think out of The Box (berpikir di luar kebiasaan), dan Persisten (gigih).

Acara yang pesertanya merupakan seluruh Mahasiswa ATVI dari Semester 1 sampai 5 ini juga dihadiri oleh Dosen Pengajar dan Staf ATVI. Acara dibuka oleh Direktur ATVI Drs. Eduard Depari, MA., M.Sc. yang melakukan sambutan dan berpesan kepada seluruh peserta, “Generasi milenial sekarang ini berjumlah 50% dari jumlah penduduk Indonesia, ciri khas dari generasi milenial adalah kemudahannya untuk mendapatkan informasi dan kebiasaannya menggunakan teknologi berbasis internet dalam berkomunikasi. Kemudahan yang luar biasa ini mengharuskan generasi milenial juga memiliki sifat positif, kreatif serta inovatif agar tidak menjadi generasi yang justru tergerus dan dikendalikan oleh kecanggihan teknologi.”

Kuliah Umum Let’s Move On Bersama Kepala L2DIKTI 2

Tema Kuliah Umum kali ini adalah Lets Move On, tema ini dipilih karena sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan Kepala L2Dikti selaku pengisi materi. Selain sesi materi, Illah Sailah mengajak peserta untuk bermain permainan yang memerlukan konsentrasi tinggi dan melatih fungsi otak kiri dan kanan manusia. Permainan ini berupa tebak gambar dan demonstrasi menyobek kertas untuk menjelaskan bahwa setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda walau informasi yang diberikan sama, sehingga seseorang sudah sepantasnya mau belajar lagi dan lagi. Hal ini juga menjadi pesan kepada Dosen Pengajar ATVI untuk mau memahami bahwa tiap Mahasiswa memiliki kemampuan pemahaman yang berbeda.

“Perubahan di dunia itu sudah pasti, tidak bisa diperdebatkan dan dipersalahkan, yang bisa kita lakukan hanyalah mau untuk belajar (to learn), mau untuk ikut berubah (to change), dan mau untuk bertumbuh (to grow).” tutur Illah Sailah menutup Kuliah Umum di Hari Kamis lalu.

 

Reporter         : Sri Ayuningsih

Fotografer      : Devino Octavian