Lintas Jurnalistik perdana ATVI berhasil karena kompak Cover

Lintas Jurnalistik perdana ATVI berhasil karena kompak


Angkatan pertama konsentrasi jurnalistik ATVI, sukses melaksanakan praktik lintas jurnalistik perdana pada rabu 30/05/2017, di studio 2,  kampus 2 ATVI.  

Lintas Jurnalistik merupakan praktik yang menggabungkan sejumlah mata kuliah di semester IV seperti jurnalistik TV 2, Video Journalism, Teknik Reportase 1, Teknik Wawancara 2, Penulisan Naskah berita 1, dan Professional Image.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa dituntut menyajikan  program berita televisi berdurasi 30 menit, yang dilakukan  secara live on air.

Adapun program berita yang diproduksi terdiri dari liputan hard news dan soft news dan diselingi dengan talkshow live on air dengan mengundang narasumber berkompeten. Dalam praktik lintas jurnalistik mahasiswa dibagi kedalam dua regu. Masing-masing anggota regu harus bahu membahu dalam mempersiapkan set studio.

Lintas Jurnalistik perdana ATVI berhasil karena kompak 1

Selain itu mahasiswa juga harus mempersiapkan konten berita maupun teknis yang diperlukan. Dimulai dari news gathering, liputan, editting, instalasi studio, live on air, hingga penyajian di master control room. Hal ini memperkaya pengalaman yang tidak hanya bisa menguasai satu bidang melainkan ditantang untuk menjadi calon jurnalis yang multitasking.

kekompakan dan semangat mahasiswa-mahasiswi jurnalistik angakatan pertama tersebut, membuat dosen jurnalistik TV 2, Sisca T. Gurning merasa kagum, baik dari penyajian konten berita hard news dan softnews, bahkan dari sisi set studio yang tidaklah mudah dikerjakan jika tanpa sebuah kekompakan.

Demi semakin berkembangnya kelas jurnalistik angkatan pertama ini, dia juga berharap agar mahasiswa di kelas jurnalistik semakin kompak dalam mengerjakan praktik jurnalistik pada semester berikutnya.

 “Dengan potensi dan kekurangan masing-masing harus saling melengkapi dan bukan menonjolkan diri sendiri atau bersaing.  Teruslah belajar dan percaya diri, Tetap lebih kompak,  do the best,  serta jangan cepat puas diri dalam satu bidang tapi jadilah multitasking

 

Reporter: Natalia Surya

Foto: Sisca T. Gurning