lupus-berbagi-di-kampus-cover

Lupus berbagi pengalaman di Kampus


atvi.ac.id- ATVI melalui Dosen mata kuliah Penulisan Naskah Drama Drs.Edward Diansyah dan Heri Purwoko, M.Sn mengundang penulis  novel dan skenario terkemuka Hilman Hariwijaya “Lupus” untuk berbagi pengalaman dihadapan puluhan mahasiswa semester 3 jurusan Produksi TV. Kamis (13/10) kegiatan berlangsung di Studio 3 Indosiar.

Hilman hadir bersama tiga orang sahabatnya yakni Boim Lebon, Gusur Adhikarya dan Anto, mereka berbagi cerita seputar dunia kepenulisan dan kunci sukses menjadi penulis profesional.

Boim menjadi yang pertama  naik ke panggung memperkenalkan diri  dan kawan-kawannya dengan cara jenaka, tidak lama kemudian  disusul Gusur dengan gaya nyentrik  membaca puisi Seonggok Jagung Karya WS Rendra.

lupus-berbagi-di-kampus1

Setelah selesai berpuisi Gusur dan Boim  mulai membocorkan kesuksesan Kisah Lupus yang tak lain karena kejelian Hilman dalam mengembangkan karakter.

“Hilman membuat cerita sederhana dari karakter-karakter yang dimengertinya sehingga karakternya hidup” ujar Boim

“Seorang penulis, juga harus memperhatikan lingkungan sekitar dan rajin ngobrol dengan banyak orang di mana pun” ucap Gusur menambahkan.

Tak lama kemudian Hilman naik panggung dan membenarkan pernyataan Boim. Menurutnya, karaker yang kuat sebagai kunci utama dalam membuat cerita.

“Dalam menciptakan karakter, saya selalu mengamati orang-orang sekeliling, saya amati tingkah lakunya seperti Boim dan Gusur mereka adalah teman SMA saya yang mengilhami saya menciptakan  karakter Lupus dan teman-teman ” ujar penulis sinetron Fenomenal “Anak Jalanan” ini

Sementara itu Anto memberikan materi melalui slide presentasi tentang plot point dan penokohan dalam sebuah cerita mengambil contoh kisah Cinderella.

Keempatnya saling berbagi pengalaman satu sama lain dalam satu panggung,  setelah itu dibuka sesi tanya jawab dengan peserta.

Menurut Drs. Edward Diansyah, selain berbagi pengalaman dengan para mahasiswa, hadirnya Hilman dan kawan-kawan  ini juga dimaksudkan untuk studi banding bagi mahasiswa semester 3 yang tengah mendapatkan mata kuliah Penulisan Naskah Drama.

“Studi Banding antara teori yang didapat dari kampus dengan praktik yang terjadi di dunia penulisan profesional, apalagi cerita yang dibuat oleh Hilman dalam Sinetron “Anak Jalanan” memiliki Rating yang tinggi hal ini  membuktikan karyanya disenangi masyarakat, sekarang sudah 600 Episode dan Rating dan sharenya tinggi, semoga teman-teman dari ATVI bisa termotivasi dan terinspirasi oleh kesuksesannya” ucapnya

Kegiatan ditutup dengan memberikan pesan-pesan penuh motivasi dari kreator dan tokoh-tokoh asli “Lupus “ ini.

Gusur berpesan, “Setiap orang punya caranya sendiri setiap orang punya teorinya sendiri dan pada akhirnya semua orang punya caranya sendiri untuk mewujudkan apa yang diinginkan, jadilah apa yang kalian mau!”.

lupus-berbagi-di-kampus2

“Kerja di TV itu  pilihan, menulis juga pilihan maka ketika mengambil dunia TV sebagai dunia kita dan TV sebagai rumah kita maka itu pilihan, ketika menjadi pilihan kita harus menekuninya, apa yang kita mau buat selama itu kita meyakini baik dan selama kita gak kekeuh karena beda tipis antara idealisme dan egois, terpenting yang perlu diingat adalah  tidak ada orang besar yang hidup sendiri” Anto Menambahkan.

Pesan yang penuh makna ini sontak disambut riuh tepuk tangan peserta.

 

Reporter: Misyatun

Foto: Rio Gilbert