Mahasiswa dan Alumni ATVI jadi Crew Kegiatan Pesparawi Nasional di Pontianak Cover

Mahasiswa Semester 5 ATVI jadi Crew Kegiatan Pesparawi Nasional di Pontianak


Pesta Paduan Suara Gerejawi atau biasa disebut Pesparawi adalah forum yang terbentuk sebagai usaha peningkatan hidup beragama melalui kesenian yang bernafaskan keagamaan Kristen. Berbentuk lomba paduan-paduan suara antar sesama gereja dalam kota atau ruang lingkup daerah tertentu. Pesparawi Nasional tahun 2018 kali ini bertempat di Pontianak, Kalimantan Barat yang dalam pembukaannya dibuka secara langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo.

Keterlibatan ATVI dalam Pesparawi ke-12 ini dikarenakan ATVI dipercaya untuk mendokumentasikan kegiatan oleh Ida Simatupang selaku penerima proyek dan didampingi oleh Teguh Setiawan Imam Santoso dan Desrizal sebagai dosen ATVI.

ATVI mengirim 25 orang mahasiswa yang terdiri dari, 15 orang kameramen, 5 orang editor, dan 5 orang PD atau switcherman. Kegiatan Pesparawi terdiri dari 5 lokasi yang masing-masing menggunakan 1 sistem dan 3 kamera. Dokumentasi dilakukan dengan tujuan dijual kepada semua peserta yang hadir.

Mahasiswa dan Alumni ATVI jadi Crew Kegiatan Pesparawi Nasional di Pontianak 1

Proses mendokumentasikan kegiatan begitu cepat, karena setelah dilakukan perekaman harus langsung diedit dan dijual kepada peserta sebagai souvenir dan kenang-kenangan ketika mereka kembali ke daerah masing-masing.

Teguh Setiawan mengatakan bahwa terpilihnya mahasiswa ATVI bukanlah tanpa alasan. Sebagai seorang dosen, ia sangat berharap mahasiswanya dapat mempraktekan ilmu yang sudah mereka dapatkan di bangku kuliah.

“Proyek ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kampus sebenarnya, Bu Ida mendapat proyek dari luar dan meminta tolong kepada saya untuk mencari crew kegiatan. Saya mengusulkan mahasiswa ATVI semata karena mereka sudah banyak dibekali ilmu terkait dunia broadcast, sekaligus untuk tes ilmu yang sudah mereka dapatkan di kelas serta melihat sejauh mana kontribusi yang bisa mereka lakukan.” ujar Teguh ketika diwawancara pada Rabu, 1 Agustus 2018 silam.

Mahasiswa dan Alumni ATVI jadi Crew Kegiatan Pesparawi Nasional di Pontianak 2

Ditanya mengenai seberapa kompetennya mahasiswa ATVI, Teguh menjawab bahwa ia membawa Mahasiswa yang cukup cekatan dalam pekerjaan,

“Karena kita bekerja secara cepat. Selesai acara, rekaman yang sudah kita rekam langsung diedit pada hari itu juga untuk kemudian dijual kepada para peserta lomba. Cekatan diperlukan sekali dalam hal ini. Mahasiswa ATVI dipandang profesional sebagai crew dalam kegiatan ini, karena mereka bekerja dengan baik dan cepat.” papar Teguh Setiawan mengakhiri wawancara hari itu.

Pesparawi Nasional ke-12 berakhir pada 3 Agustus 2018 lalu dengan Papua Barat berhasil menjadi juara umum. Sampai jumpa di Pesparawi Nasional ke-13 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta !

 

Penulis : Sri Ayuningsih

Foto    : Dokumentasi Pesparawi