Menguji Mental Broadcaster Cover

Menguji Mental Broadcaster


Setelah mengikuti kegiatan briefing kampus selama tiga hari pada tanggal 1, 6, dan 7 Agustus 2018. Mahasiswa Baru wajib mengikuti kegiatan TV Broadcaster Character Building (TBCB) pada tanggal 8-11 Agustus 2018.  Program ini mulai diterapkan di Akademi Televisi Indonesia (ATVI) sejak tahun lalu. TV Broadcaster Character Building (TBCB) ini bertujuan untuk “Melatih kedisiplinan, kerjasama dalam tim, karena di TV kita tidak bisa bekerja sendiri harus kompak sesama tim, dan harus memiliki disiplin waktu yang tinggi, karena di TV waktu itu sangat berharga.” Hal ini diungkapkan oleh Dias Suminta Suria Putra, selaku penanggung jawab kegiatan TBCB kali ini.

Semua Mahasiswa Baru Akademi Televisi Indonesia diwajibkan untuk mengikuti program TBCB ini. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari 3 malam yang berlokasi di Kesatrian Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Ada sedikit perbedaan pada TBCB tahun ini yaitu lokasi Batalyon yang berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini berlokasi di Batalyon Kavaleri/ Menkav 2.

Sebelum berangkat ke Kesatrian Marinir Cilandak. Selasa (07/08/2018) peserta diberikan pengarahan TBCB langsung oleh para pelatih mengenai prosedur kegiatan yang akan mereka jalani nanti. Hari esoknya (08/08/2018) para Mahasiswa dijemput dengan menggunakan enam truk TNI-AL.

Menguji Mental Broadcaster 1

Menurut Dias Suminta Suria Putra, antusias para peserta TBCB tahun ini sangat luar biasa, mereka terlihat sangat senang meskipun ini baru pertama kalinya mereka dilatih secara langsung oleh militer. Selain itu menurutnya peserta yang mengikuti kegiatan TBCB ini, jika dilihat dari pembetukan karakternya, mahasiswi terlihat lebih terbentuk karakternya dibandingkan dengan mahasiswa. Namun untuk segi disiplin dan kekompakan, semua peserta dipastikan telah memiliki karakter tersebut.

Selama proses kegiatan berlangsung, para peserta diberikan berbagai ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter seperti bela diri dan PBB secara langsung oleh pasukan militer. Salah satu bentuk dari kegiatan yang sangat menantang yaitu Jurit Malam.

Menguji Mental Broadcaster 2

“Kegiatan Jurit malam menurut saya berfungsi untuk melatih semua peserta agar mendapatkan keberanian. Terutama untuk menghadapi tantangan dan rintangan yang akan dilalui di perjalanan dalam menuju kesuksesan.” Ujar Erza Aldi Pradhana, salah satu peserta TBCB.

Selain itu, peserta juga diberikan pelatihan mendayung perahu karet untuk melatih kekompakan dalam tim. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk menaiki tank Marinir Angkatan Laut. Pada TBCB tahun ini peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 143 mahasiswa.

 

Reporter : Priska Tri Widyastuti

Foto: Tim Dokumentasi TBCB