Pelatihan “Reporter Cilik” Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat di SDIT Al Husnayain Cover

Pelatihan “Reporter Cilik” Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat di SDIT Al Husnayain


Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban dalam mengamanahkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap Perguruan Tinggi di Indonesia. ATVI sebagai salah satu institusi Pendidikan Tinggi senantiasa berkomitmen dalam pelaksanaan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Akademi Televisi Indonesia (LPPM ATVI)  dengan dukungan penuh dari segenap Civitas Akademika ATVI.

Program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh LPPM ATVI  pada 3 November 2017 lalu di SDIT Al Husnayain, Bekasi , Jawa Barat merupakan salah satu program Pengabdian kepada Masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan ketrampilan berkomunikasi pada anak usia Sekolah Dasar. Mengangkat tema yang menarik  yaitu “Menjadi Anak Cerdas Literasi di Zaman Now Bersama ATVI” program ini dirancang dengan muatan pendidikan jurnalistik dasar dan hiburan yang disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan pemahaman para siswa SD.

Muatan program LPPM ATVI kali ini adalah Pelatihan “ Reporter Cilik” yang ditujukan bagi para siswa-siswi kelas V di SDIT Al Husnayain. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keberanian para siswa agar dapat berkomunikasi dengan baik, melatih kepercayaan diri dan melatih ketrampilan mewawancarai  narasumber dengan memperkenalkan tips wawancara “Adik Simba” kepada para siswa. Metode “Adik Simba” merupakan  cara mudah untuk mengingat konsep dasar dalam mengajukan pertanyaan. “Adik Simba” merupakan kependekan dari kata tanya “apa”, dimana”,   “kapan”, “siapa”, “mengapa” dan “bagaimana”. Metode sederhana ini diharapkan mampu diingat oleh para siswa dengan mudah.

Pelatihan ini diikuti oleh para siswa kelas lima  dengan antusias dan semangat. Mereka mendapat penjelasan dari tim dosen Jurnalistik tentang manfaat televisi sebagai media informasi, mendapatkan pengetahuan teknik wawancara sederhana, praktek simulasi wawancara secara langsung dengan selingan games dan kuis interaktif, serta presentasi langsung proses aktivitas reportase dengan kamera oleh beberapa mahasiswa Jurnalistik ATVI dan disaksikan langsung oleh para siswa. Mereka juga aktif bermain peran menjadi reporter dan narasumber dalam pelatihan ini. Bapak Syamsudin, S.Pdi selaku kepala Sekolah SDIT menyampaikan rasa terima kasihnya dengan adanya kerjasama ini. Diharapkan para siswa dapat termotivasi untuk lebih percaya diri dalam melatih kemampuan berkomunikasi dan melakukan teknik wawancara dengan baik. Program ini juga diharapkan dapat menarik minat para siswa untuk lebih aktif mengikuti unit kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik cilik yang ditawarkan pihak sekolah kepada para siswa.Ke depan LPPM ATVI akan terus melaksanakan dan mengembangkan program-program kerja di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari kewajiban pelaksanaan  Tri Darma Perguruan Tinggi.

 

RD/LPPM ATVI