Pengembaraan Anggota Muda Bropela Angkatan Deru Bara Cover

Pengembaraan Anggota Muda Bropela Angkatan Deru Bara


11 Anggota Muda Unit Kegiatan Mahasiswa Broadcast Pecinta Alam (UKM Bropela) ATVI angkatan Deru Bara, melaksanakan misi sekaligus tugas pengembaraan di gunung Arjuno dan Welirang, Jawa Timur pada 18-28 Juli 2018.

Kegiatan pengembaraan anggota muda bropela ini di lakukan dengan mendaki gunung yang ketinggiannya minimal 3000 Mdpl (meter di atas permukaan laut). Kegiatan ini pula menjadi salah satu persyaratan bagi anggota muda untuk mendapat nomor anggota dan pakaian dinas lapangan. Saat pendakian 11 anggota muda Deru Bara angkatan 2017 ini juga di dampingi oleh 3 angkatan di atas mereka yang sudah menjadi anggota penuh yaitu angkatan Kabut Lembah (2011), Tawon Rimba (2015), dan Lereng Rimba (2016).

Pengembaraan Anggota Muda Bropela Angkatan Deru Bara 1

Selain pendakian gunung, anggota muda pun melakukan kegiatan sosialisasi pedesaan atau yang biasa disingkat "Sosped". Sosialisasi pedesaan adalah suatu kegiatan yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat pedesaan beserta segala hal yang terkait, termasuk struktur sosial, kondisi, proses, budaya dan sistem sosial.

Sebelum kegiatan pengembaraan berlangsung, para anggota muda bropela sudah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat bagi mereka saat mendaki gunung, adapun beberapa ilmunya yaitu teknik bertahan hidup di alam bebas, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Serach and Research, Navigasi darat, dan Sosialisasi Pedesaan. Tak hanya itu sebagai mahasiswa broadcast, para anggota pun di wajibkan membuat laporan kegiatannya dalam bentuk foto maupun video yang nantinya akan menjadi laporan perjalanan mereka kepada dewan pengurus bropela. Hal ini di lakukan lantaran notabene mereka adalah mahasiswa broadcast.

Pengembaraan Anggota Muda Bropela Angkatan Deru Bara 2

Sakti Triyogi sebagai ketua UKM Bropela tahun 2017-2018 sangat mendukung penuh kegiatan ini, ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja wajib dari UKM. Dari pihak kampus pun sangat mendukung kegiatan ini, dukungan tersebut berupa dana sebagai bekal selama kegiatan pengembaraan.

"Saya sangat mendukung penuh kegiatan pengembaraan ini, sebab kegiatan ini merupakan salah satu program kerja wajib tahunan bropela yang bertujuan untuk membekali anggota muda sebelum menuju ke tahap berikutnya sebagai anggota penuh pengurus ukm nantinya. Dari pihak kampus pun memberikan dukungan berupa dana kepada kami sebagai bekal selama kegiatan pengembaraan berlangsung." Ujarnya.

Reporter : I Gede Aditya Mahendra

Foto : Tim Dokumentasi Bropela