PROFIL ALUMNI AGUNG FITRI SUSILO BAROTOHADI Cover

PROFIL ALUMNI AGUNG FITRI SUSILO BAROTOHADI


Bekerja tanpa pamrih, berkarya sepenuh hati

"Nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini, selama kita berusaha dan berdoa”. Ungkapan singkat namun memiliki pesan yang kuat itu diucapkan oleh Agung Fitri Susilo Barotohadi. Alumni ATVI angkatan ke IV (saat itu masih bernama ATKI-Red). Pria yang akrab disapa Agung ini, baru saja dinobatkan sebagai Associate Producer Terbaik di PT. Indonesia Entertainmen Produksi (IEP). Perusahaan tempat ia bekerja dan berkarya.

PT. IEP sendiri merupakan salah satu anak perusahaan Emtek yang berfokus pada pengelolaan produksi program unggulan in-house SCTV dan Indosiar. Atas prestasi ini Agung diberikan piagam penghargaan dari Direktur Utama PT. IEP Indra Yudhistira pada 31 januari 2018 lalu.

PROFIL ALUMNI AGUNG FITRI SUSILO BAROTOHADI 1

Menurut pria kelahiran Tangerang, 17 Mei 1988 silam ini, prestasi yang diraih merupakan buah dari doa, usaha dan proses panjangnya selama satu windu berkarir di dunia broadcast. Ya, perjalanan karirnya dimulai setelah lulus dari ATVI 8 tahun yang lalu. Saat itu Indosiar sedang ada demo perekrutan karyawan baru yang akan ditempatkan diberbagai divisi.

Sebagai kampus yang berada dibawah yayasan Indosiar, ATVI melakukan penyaringan kepada sejumlah alumninya.Terpilihlah 14 orang alumni termasuk Agung. Ia pun mengikuti test selama beberapa hari. Keberuntungan berpihak padanya. Agung lolos dan ditempatkan sebagai Production Assistant (PA). Sementara teman-teman yang lain ditempatkan di berbagai divisi lain seperti Kreatif, RnD dan Floor Director.

PROFIL ALUMNI AGUNG FITRI SUSILO BAROTOHADI 2

PA merupakan sebuah profesi yang memegang peranan sangat penting dalam sebuah produksi program televisi. Ruang lingkup pekerjaanya cukup luas. Ia bertugas membantu agar proses produksi berjalan lancar, dari mulai pra produksi hingga pasca produksi. Seorang PA juga turut memastikan alat-alat produksi tersedia dan tidak ada yang terlewat, kru bekerja sesuai jadwal, membuat salinan skrip, sampai memantau proses editing, termasuk di dalamnya proses dubbing. Tugas PA dapat dititahkan dari Produser sampai Teknisi sound.

Jika menengok ruang lingkup kerjanya, PA adalah profesi yang menuntut kedisiplinan, keuletan dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Maka Agung pun senantiasa menjadi pribadi yang rendah hati dan pembelajar. Hingga ia naik jabatan satu level diatas PA yaitu Associate Producer. Hal itu tak lepas dari keuletan, kerja keras dan dedikasinya yang tinggi kepada perusahaan. Kini Agung  pun dapat meraih penghargaan Associate Producer terbaik. Ia telah membuktikan bahwa untuk mencapai sesuatu diperlukan sebuah kerja keras dan proses yang cukup panjang.

PROFIL ALUMNI AGUNG FITRI SUSILO BAROTOHADI 3

Sebagai alumni ATVI Agung sangat berterima kasih kepada para dosen di kampus yang telah memberikan bekal ilmu di dunia broadcast. Juga kepada para mentor di indosiar yang telah mengajarkan banyak hal. Hingga perjalanan karirnya sampai dititik ini. Kini ia mengaku cukup bangga dengan profesinya sebagai Associate Producer atau Produser junior.

Pria yang sehari-harinya gemar memakai topi ini, juga bersyukur bekerja di sebuah perusahaan yang mengapresiasi kerja dan karyanya. Setiap tahun tempat ia bekerja mengadakan pemilihan karyawan terbaik dari beberapa divisi diantaranya PA, Producer, Associate Producer dan Kreatif. Selanjutnya karyawan tersebut dibagi menjadi dua tim yaitu Red dan Blue. Agung sendiri merupakan karyawan berprestasi dari Tim Red.

Sebagai seorang broadcaster, Agung mengaku menggemari olahraga skate dan fotografi. Sebab menurutnya skate, fotografi dan broadcast adalah tiga hal yang berkaitan satu sama lain dalam hidupnya. Ya aktivitas itu diakuinya cukup menyenangkan dan menghasilkan. Seperti halnya profesinya. Menyenangkan dan menghasilkan. Menyenangkan karena industri yang digeluti merupakan industri kreatif di dunia hiburan. Menghasilkan karena dari profesinya lahir sebuah karya berupa program-program televisi unggulan yang dapat disaksikan jutaan pasang mata pemirsa televisi baik di Indonesia.

Kini ia mengaku sangat menikmati kehidupannya di dunia broadcast. Diakuinya menjadi Associate Producer memang cukup sibuk dan menyita waktu. Namun hal ini tak lantas menjadi kendala  hubungannya bersama keluarga. Sesibuk apapun bekerja baginya keluarga ialah prioritas utama. Sebagai seorang Associate Producer tentu saja ia merupakan seorang yang pandai membagi waktu.

Agung pun berbagi pesan kepada mahasiswa ATVI agar senantiasa menjadi jiwa pembelajar, dimanapun dan kapanpun. Dan kelak ketika sudah lulus dan bekerja di dunia industri televisi, bekerjalah tanpa pamrih dan berkaryalah sepenuh hati. Maka jabatan maupun prestasi akan mengikuti.

 

Oleh : I Gede Aditya Mahendra dan Vinsca Nabila