IMG_8254 Cover

Rangkaian Acara Hari Pers Nasional ATVI ikuti Seminar Persatuan Wartawan Indonesia


Lagi-lagi ATVI diundang sebagai tamu Mahasiswa untuk mengikuti Seminar yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia. Judul sekaligus Tema seminar kali ini adalah Peranan Pers Pada Era Digital Dalam Mendukung Pembangunan Daerah. Seminar yang merupakan serangkaian acara untuk menyambut Hari Pers Nasional ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, serta Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

IMG_8178

Acara dibuka oleh Atal S. Depari, ia memberikan sambutan sekaligus pesan bahwa peranan Pers dan Media sangatlah penting di Era Digital ini untuk mendukung Pembangunan Daerah dan membantu daerah agar dapat memanfaatkan media secara efektif. Kemudian, memberikan keterangan bahwa Puncak Acara Hari Pers Nasional akan diselenggarakan di Surabaya pada 9 Februari mendatang. Terpilihnya Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan karena Surabaya merupakan daerah yang berhasil mengarahkan UMKM warganya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi.

IMG_8188

“Karena informasi yang tak terbatas dan sangat banyak jumlahnya. Media sekarang harusnya mulai lebih mengarahkan percakapan publik ke hal yang lebih mendasar dan penting bagi masyarakat. Agar informasi yang didapat dari media lebih sedikit noisenya dibandingkan dengan Media Sosial.” ungkap Anies Baswedan sebagai pemateri pertama pada seminar Hari Selasa, 22 Januari 2019.

IMG_8257

Gubernur DKI Jakarta tidak mengikuti acara sampai selesai dikarenakan adanya tugas lain. Kemudian dilanjutkan materi dari Walikota Bogor, ia menyampaikan bahwa isu di era sekarang sangat mudah digoreng dalam artian, sangat mudah untuk dimanipulatif maknanya. Sehingga publik harus pandai untuk menilai mana isu yang real dan mana yang bukan. Materi terakhir disampaikan oleh Ketua Dewan Pers, yang diwakili oleh Hendri Chairudin Bangun.

IMG_8198

Moderator menutup acara dengan memberikan kesimpulan dan membuka beberapa sesi tanya jawab untuk audience. Peserta seminar kebanyakan dari Media dan Wartawan, namun ATVI merupakan salah satu tamu undangan khusus dari Mahasiswa.

Reporter & Fotografer : Sri Ayuningsih