UKM BROPELA Selenggarakan DIKLATSAR Cover

UKM BROPELA Selenggarakan DIKLATSAR


Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) merupakan kegiatan wajib tahunan sebagai syarat menjadi anggota muda mahasiswa pecinta alam. Kegiatan  ini nampaknya dilakukan secara serentak pada awal tahun oleh mahasiswa pecinta alam ( MAPALA) di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali mapala Broadcast pecinta alam ( BROPELA ) ATVI.

Diklatsar adalah tahap ke dua dari pendidikan dasar ( DIKSAR ) yang merupakan penerapan dari pematangan materi  yang selama ini diberikan dalam kelas di Kampus,  seperti membuat tandu,membuat bivak alam dan pembentukan karakter seperti disiplin,teliti dan juga dapat bekerja sama.

Diklatsar berlangsung di desa Paseban Megamendung, Bogor, Jawa barat pada 16 - 20 Januari 2017. Kegiatan ini diikuti 16 orang peserta, terdiri dari 15 orang mahasiswa dan mahasiswi semester I dan mahasiswa semester VI yang merupakan Ketua Senat ATVI.

Kegiatan di hari pertama dalam diklatsar adalah karantina yang berlangsung di kampus yakni para calon anggota bropela mendapatkan materi terakhir sebelum menerapkannya  di alam langsung. Di hari kedua para peserta berangkat dari kampus menuju Bogor menggunakan angkutan umum yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan ke pos induk selama kurang lebih 6 jam. Hari ketiga mereka mulai praktek navigasi, survival dan esar  sampai malam. Kemudian di hari keempat mereka praktek repling, harnest tali temali dan hari ke lima penyematan slayer biru yang menandakan mereka telah sah menjadi anggota muda.

Adapun kejadian menarik yang terjadi pada diklatsar ini yaitu ketika peserta melakukan jalan jarak jauh terlihat begitu kompak dan mereka harus menghafal kode etik, dan ketika belum semuanya hafal kode etik yang sudah diberikan senior, diberikan konsekuensi menyanyi dan mereka menyadari  untuk belajar agar dispilin dan solidaritas terhadap sesama. " saya lebih tau apa arti dari solidaritas dan saat itu saya dilatih harus berpikir kritis", ujar Ihsan Farensya salah satu peserta Diklatsar.

Sementara itu menurut ketua Bropela periode 2016-2017, Hendra Pamungkas berpesan kepada para anggota muda yang telah berhasil mengikuti diklastar tersebut agar tetap menjadi orang yang rendah hati, saling membantu, solidaritas, kreatifitas dan loyalitas.” Selalu junjung tinggi  nama baik Bropela dan ATVI “ ungkapnya.

 

Oleh : Nathalia Surya
Foto : Dokumentasi Bropela