WORKSHOP ENTREPRENEUR JOURNALISM OLEH UKM ATVI BROADCAST JOURNALISM Cover

WORKSHOP ENTREPRENEUR JOURNALISM OLEH UKM ATVI BROADCAST JOURNALISM


Unit Kegiatan Mahasiswa ATVI Broadcast Journalism (UKM ABJ)  menggelar workshop dengan tema "Entrepreneur Journalism". Sabtu 28 April 2018 di studio 3 Indosiar dengan menghadirkan Ipan Setiawan, seorang penulis  sebagai pembicara.  Kegiatan  ini dimulai pada pukul 13.00 -16.00 WIB, diikuti oleh seluruh mahasiswa ATVI.

Adapun tujuan workshop "Entrepreneur Journalism" ialah untuk membuka pemikiran Mahasiswa ATVI agar lebih memanfaatkan peluang usaha di era digital seperti memanfaatkan media “blog” atau “website” sebagai wadah untuk berkarya. Serta memberikan pemahaman bahwa tidak hanya seorang jurnalis televisi saja yang bisa berkarya membuat suatu tulisan tentang isu-isu yang terjadi di masyarakat, serta menanamkan mental dan karakter entrepeneur journalist kepada mahasiswa.

WORKSHOP ENTREPRENEUR JOURNALISM OLEH UKM ATVI BROADCAST JOURNALISM 1

Ipan Setiawan menceritakan pengamalannya sebagai seorang penulis dihadapan peserta kegiatan, dia juga menegaskan waktu adalah hal yang sangat berharga, menulis bukanlah hal yang membosankan namun menulis merupakan keahlian yang menguntungkan. Di era digital ini mahasiswa harus dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan internet. Banyak orang yang mulai meninggalkan buku sebagai media baca dan lebih memilih membaca blog atau website di internet sebagai media baca. Hal ini merupakan peluang entrepreneur bagi mahasiswa untuk memanfaatkan internet sebagai media menulis blog dengan berbagai genre seperti traveler, food, otomotif, gadget, fahasion dan lain sebagainya.

" Saya sudah menulis ketika duduk di bangku sekolah. Semua saya lakukan berlandaskan kemauan untuk belajar. Sebagai mahasiswa kita harus dapat memanfaatkan waktu dan peluang, banyak orang yang mulai meninggalkan buku dan lebih memilih internet sebagai media baca ini merupakan salah satu peluang bagi kita untuk menulis dengan berbagai macam tema ", ujarnya.

WORKSHOP ENTREPRENEUR JOURNALISM OLEH UKM ATVI BROADCAST JOURNALISM 2

Wakil Direktur III ATVI, Handy Utama sangat mengapresiasi acara ini. Dia berpesan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan internet dengan baik. Dia juga  berharap acara berlangsung di tahun berikutnya dan di ikuti oleh UKM lainya di kampus ATVI.

" Saya berterima kasih  kepada  UKM ABJ karena sudah menggelar workshop bertemakan entrepreneur journalism. Hal ini dapat menanamkan mental dan karakter entrepreneur journalist kepada mahasiswa/i ATVI ", ujarnya.

Gede Aditya selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, workshop ini merupakan program kerja jangka panjang UKM ATVI Broadcast Journalism. Tema yang dipilih pun sangat menarik yang harapanya dengan adanya workshop ini mahasiswa/i ATVI dapat mengimplementasikan konsep entrepreneur journalist didalam dirinya.

WORKSHOP ENTREPRENEUR JOURNALISM OLEH UKM ATVI BROADCAST JOURNALISM 3

" Salah satu program kerja UKM ABJ yaitu melaksanakan kegiatan workshop. Entrepeneur Journalist artinya ialah seorang jurnalis yang memiliki sifat-sifat kewirausahaan dalam dirinya ". ujarnya

Workshop ini juga dimeriahkan oleh live acoustic music oleh jepry and friends dan games. Workshop ditutup dengan penyerahan hadiah kepada 3 mahasiswa/i ATVI yang sempat mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara workshop

 

Oleh: I Gede Aditya Mahendra

Foto : Tim Dokumentasi ABJ