WORKSHOP “PUBLIC SPEAKING DI RANAH BROADCAST” Cover

WORKSHOP “PUBLIC SPEAKING DI RANAH BROADCAST” Memperingati Hari Ulang Tahun UKM ABJ


Unit Kegiatan Mahasiswa ATVI Broadcast Journalism (UKM ABJ) menggelar workshop dengan tema “Public Speaking di Ranah Broadcast”. Sabtu 27 Oktober 2018 di studio 3 Indosiar dengan menghadirkan Narasumber  David Rizal, seorang Reporter, dan Presenter Liputan 6 SCTV.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 Mahasiswa ATVI. Adapun tujuan Workshop “Public Speaking di ranah Broadcast” ialah untuk memberitahukan kepada Mahasiswa ATVI dari Jurusan Produksi dan Jurnalis agar selalu siap berbicara di hadapan umum dengan penuh percaya diri, dan mempersiapkan mental kerja di dalam dunia broadcast. Serta memberikan pemahaman teori untuk mengenal public speaking dalam ruang lingkup komunikasi penyiaran berita, mengenal tata cara Live Report sebagai Reporter dan Presenter.

WORKSHOP “PUBLIC SPEAKING DI RANAH BROADCAST” 1

David Rizal menceritakan tentang pengalamannya selama menjadi seorang Reporter dan Presenter, mulai dari perjalanan antar kota maupun luar negeri. David Rizal sering menginformasikan berita Headline yang membuatnya harus terus mengejar waktu untuk mendapatkan berita yang terbaru dan unik, agar masyarakat tidak berpindah ke channel TV lainnya.

“Seneng dan Puas sekali bisa sharing sama temen-temen mahasiswa/i dari semester 1-5, walaupun sebenarnya mereka libur tapi banyak dari mereka yang semangat untuk menyaksikan workshop ini. Jarang juga kan ada mahasiswa/i semester awal dan akhir ikut hadir seperti sekarang,  biasanya males untuk hadir, tapi kembali lagi karena semangat mahasiswa/i ATVI itu beda dari yang lain. Tema yang dibuat di acara workshop ini sangat bagus sekali, karena banyak orang yang beranggapan bahwa Public Speaking itu hanya dibutuhkan oleh orang-orang dengan profesi MC, Reporter, dan Presenter. Tapi ternyata kita dalam berkomunikasi dengan siapapun butuh adanya public speaking, harus percaya diri, harus mengerti apa yang ingin disampaikan, Maka dari itu mahasiswa/i harus mengerti tentang public speaking, agar kita dapat mengerti apa yang telah kita sampaikan dan bisa mendapatkan feedback yang baik.” ucap David.

WORKSHOP “PUBLIC SPEAKING DI RANAH BROADCAST” 2

“Untuk Atvi Broadcast Journalism Selamat Ulang Tahun yang ke-8 semoga kedepannya sukses dan menjadikan kampus ini bisa menghadirkan jurnalis-jurnalis yang handal nantinya.” ujar David Rizal. Wakil Direktur III Handy Utama juga sangat mengapresiasi acara ini, dan bersedia untuk memotong Nasi Tumpeng sebagai tanda syukur Hari Ulang Tahun ABJ yang ke-8 tahun.

Devino Oktavian selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan, Workshop ini merupakan program kerja jangka panjang UKM ATVI Broadcast Journalism, Sekaligus menjadi ajang untuk memperingati hari ulang tahun ABJ yang ke-8 tahun, Tema yang dipilih pun sangat menarik, dengan harapan adanya workshop ini mahasiswa/i ATVI dapat mengggunakan Public Speaking di dalam dirinya masing-masing dengan maksimal. Ia juga mengucapkan Terimakasih kepada seluruh Panitia Kegiatan karena sudah dapat mempercayakan dia untuk menjadi ketua pelaksana kegiatan Workshop ini yang sudah dipersiapkan 3 bulan sebelumnya.

Workshop di tutup dengan penyerahan hadiah kepada mahasiswa/i yang berani maju untuk ikut belajar langsung di panggung dan penyerahan kenang-kenangan oleh ketua umum ABJ, Muhammad Yoga kepada Narasumber David Rizal.

 

Reporter         : Arung Triguna

Fotografer      : Iyas Prasetyo